Rabu, 14 Juli 2010

Roda Kehidupan

Roda kehidupan terus berputar, ada saatnya berada di atas, ada saatnya berada di bawah. Perjalanan dari posisi bawah menuju ke atas tidaklah mudah, ada banyak halangan dan rintangan yang menyertainya. Memerlukan perjuangan yang gigih untuk mencapai posisi itu.

Dan setelah kita sampai pada posisi atas itu, masih ada perjuangan yang lain lagi yaitu perjuangan untuk mempertahankannya. Boleh dibilang perjuangan mempertahankannya yang paling sulit. Karena kita keliru langkah atau lengah sedikit saja, dapat menyebabkan kita tergelincir dan jatuh ke bawah.

Intinya, saat kita berada di atas hendaklah kita jangan takabur, kalau orang jawa bilang ‘ojo dumeh’ dengan posisi yang kita dapat sekarang. Karena semua itu dapat berbalik dengan mudah, semudah kita membalikkan telapak tangan. Ingatlah saat kita bersusah payah menghadapi semua rintangan dan halangan untuk mendapatkannya , sikut sana sikut sini, jatuh bangun, bersimbah peluh , menguras banyak energy dan tidak didapat dalam waktu yang singkat juga.

Dan sekarang setelah kita berada di atas, apakah kita akan melepasnya begitu saja dengan bermalas – malasan, dengan melakukan korupsi baik itu korupsi waktu, korupsi uang atau yang lainnya? Atau kah kita tetap akan berusaha mempertahankannya dengan mengukir sebuah prestasi gemilang yang berlandaskan kejujuran?

Temanggung, 06 Juni 2010

00: 15

Notes : Setiap orang pernah melakukan kesalahan, tetapi alangkah baiknya jika kita tidak jatuh lagi ke lubang yang sama. Saat kita pernah di atas dan jatuh, hendaknya kita dapat lebih hati – hati lagi jika kita mendapatkan kesempatan lagi untuk berada di atas. Karena kesempatan tidak selalu datang lebih dari 1x.

Tidak ada komentar: