Rabu, 14 Juli 2010

Menghadapi Perubahan, Siapa takut...

Mendapat sebuah kesempatan dengan tawaran yang menggiurkan, siapa sih yang mau menolak ? Ups…tapi jangan keburu menjawab dulu deh. Kalau teori nya sih siapapun pasti akan langsung menjawab ‘mau…mau….’. Tetapi ketika hal itu benar – benar terjadi pada diri kita, akan muncul kebimbangan - kebimbangan untuk menjawabnya. Yang tadinya dengan spontan menjawab ‘YA’ , lambat laut akan berubah seiring dengan rasa cemas dan takut yang mulai bermain – main dalam pikiran kita.


Mengambil sebuah keputusan yang berhubungan dengan perubahan hidup, ternyata tidak mudah. Kebimbangan akan muncul ketika kita dihadapkan pada pilihan apakah aku akan mengambil kesempatan yang ditawarkan itu apapun resikonya atau aku akan tetap berada dengan kondisi dan kenyamananku saat ini,


Rasa takut, rasa cemas, rasa khawatir tentang apa yang akan terjadi jika kita keluar dari zona kenyamanan kita saat ini, akan menjadi factor yang menghambat kita untuk melangkah maju dan akhirnya akan membuat kita tetap berada dalam kondisi saat ini tanpa melakukan perubahan. Memilih untuk tidak melakukan perubahan, sama artinya dengan menghentikan langkah kita untuk bertumbuh dan mematikan kesempatan untuk lebih mengaktualkan diri.


Dengan memilih untuk berubah, berarti kita membuka diri kita dan menyiapkan diri kita untuk menghadapi semua resiko yang akan terjadi di depan. Kemungkinan – kemungkinan positif dan negative yang akan terjadi. Tetapi harus diingat juga bahwa kita hanya memiliki detik ini, satu detik ke depan adalah milik Tuhan karena kita juga tidak tahu apa yang akan terjadi pada kita nanti. Jadi,serahkanlah semua rasa khawatir dan takut pada Nya, biar lah dia yang merenda hidup kita.


Pilihan ada pada kita, apakah kita akan terus menjadi katak dalam tempurung ataukah kita akan mencoba untuk keluar dari tempurung yang membuat kita nyaman ?

Temanggung, 10 Juni 2010

Notes :

Bukan pertumbuhan yang lambat yang harus kita takuti, tetapi kita harus lebih takut untuk tidak tumbuh sama sekali. Janganlah khawatir akan perubahan yang akan terjadi.

Tidak ada komentar: